Rabu, 23 Mei 2018

Harga Dinamo Pembangkit Listrik Berbagai Jenis

Dinamo untuk pembangkit listrik adalah komponen yang sangat penting. Dinamo atau generator merupakan alat yang bekerja menggunakan induksi elektromagnetik. Misalnya merubah energi gerak atau energi kinetik menjadi energi listrik. Cara kerja dinamo ini tentunya sudah sering Anda lihat, yang paling sederhana seperti pada dinamo sepeda. Dinamo sendiri dibedakan ada yang memiliki arus searah dan ada yang bisa arus bolak-balik. Harga dinamo pembangkit listrik sangat bervariasi tergantung pada kapasitas dan jenisnya.
dinamo pembangkit listrik
Baca Juga : Listrik Tenaga Angin

Cara kerja dinamo pembangkit listrik secara sederhana bisa dijelaskan sebagai berikut. Ketika turbin atau kincir berputar dan menghasilkan energi kinetik, maka turbin juga ikut memutar dinamo. Oleh dinamo kemudian diubah menjadi energi listrik. Dinamo sendiri terdiri atas kumparan yang berputar sehingga menghasilkan medan magnet. Dengan gerakan tertentu, maka akan muncul apa yang disebut gaya gerak listrik yang bersifat bolak-balik atau AC. Dinamo arus bolak balik atau AC dapat diubah menjadi dinamo arus searah (DC). 

Pengubahan ini dilakukan karena di dalam dinamo atau generator pembangkit listrik terdapat dua cincin belah yang disekat satu sama lain. Cincin belah yang disebut komutator ini berfungsi mengatur arus listrik. Arus bolak balik yang ada dalam kawat kumparan kemudian diubah menjadi arus searah dalam rantai aliran luar. Prinsip kerja dinamo ini membuat arus tetap mengalir sehingga bisa menghasilkan energi listrik sesuai dengan kapasitasnya. Semakin banyak kumparan, maka semakin besar energi yang bisa dihasilkan oleh generator atau dinamo.

Harga dinamo pembangkit listrik bervariasi. Dinamo atau generator dengan kapasitas 500 watt 60 volt menghasilkan tegangan 60v pada 500rpm, dinamo ini hanya dengan sekitar 120-150rpm dapat menghasilkan sekitar 15v yang bisa digunakan untuk mencharge aki. Jika ingin memaksimalkan kapasitas untuk pembangkit listrik tentu bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Dinamo seperti bisa didapatkan dengan harga sekitar 2 jutaan rupiah. 

Tentunya memilih dinamo harus didasarkan dengan rencana kapasitas pembangkit listrik atau output listrik yang ingin kita hasilkan. Apabila Anda berencana membangun instalasi pembangkit listrik skala rumah tangga, maka Anda bisa menggunakan dinamo dengan kapasitas antara 500 watt hingga 1500 watt yang harganya cukup murah. Dengan dinamo atau generator tersebut, Anda bisa memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan putaran angin, air dan sebagainya. Selain itu total biaya dalam membuat pembangkit listrik juga harus Anda pertimbangkan.

Harga dinamo pembangkit listrik dengan kapasitas lebih besar bisa dimanfaatkan untuk mendukung instalasi pembangkit listrik skala komunitas. Misalnya dengan memanfaatkan air pada pembangkit mikrohidro, tenaga angin di daerah pantai atau pegunungan, maupun tenaga ombak. Artinya banyak sekali hal yang bisa Anda wujudkan menggunakan energi sekitar untuk menghasilkan listrik ramah lingkungan yang lebih aman dan berkelanjutan.