Membuat Pembangkit Listrik Sederhana dari Dinamo Mobil Mobilan Menjadi Bertenaga Magnet

Membuat pembangkit listrik sederhana dari dinamo mobil mobilan pada prinsipnya adalah pemanfaatan dinamo sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pembangkit listrik konvensional yaitu turbin. Di dalam dinamo mobil-mobilan, ada komponen dinamo yang sudah dililit kawat tembaga beserta magnet yang berada di sekeliling dinamo tersebut. Sedangkan untuk sumber tenaganya sendiri, dinamo bisa digerakkan menggunakan baterai. Jadi putaran bisa dihasilkan melalui arus listrik baterai.

Modifikasi Dinamo Mobil-Mobilan Menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Jika melihat sekilas dengan mekanisme kerja dinamo yang menggunakan tenaga baterai untuk memutar dinamo, nampaknya sedikit rancu jika dikategorikan sebagai pembangkit listrik. Dimana seharusnya dinamo digerakkan dengan sumber tenaga yang lain, misal magnet atau tenaga alam. Membuat pembangkit listrik sederhana dari dinamo mobil mobilan bisa dimaknai sebagai membuat pembangkit listrik sederhana berbahan dinamo mobil, dimana komponenya dimodifikasi sedemikian sehingga turbin bisa berputar lalu kemudian disambungkan dengan generator.

Adapun pembuatan pembangkit listrik berbahan dinamo mobil-mobilan bisa dibuat dengan cara sederhana. Langkah pertama, Anda siapkan dinamo mobil-mobilan yang masih bagus, artinya magnetnya masih berfungsi dan lilitan kawat tembaganya tidak rusak, serta timah soldir juga masih terpasang kencang. Selanjutnya buka dinamo tersebut dan ambil inti dinamonya. Untuk magnetnya, Anda bisa tinggalkan dan mencari magnet yang lain. Pada tahap ini Anda akan membuat pembangkit listrik sederhana dari dinamo mobil mobilan dengan memodifikasi menjadi pembangkit tenaga magnet.

Kemudian, Anda siapkan magnet, bisa bentuk lingkaran atau batangan yang nanti disusun mengelilingi dinamo. Langkah berikutnya adalah modifikasi batang dinamo. Anda bisa menambahkan panjang batang tersebut dengan silinder logam yang ukurannya sama. Rekatkan dengan bantuan las. Tambahan batang panjang ini nanti kemudian akan dipasang magnet dengan daya yang berlawanan dengan magnet yang mengelilinginya. Sehingga terjadi gaya tolak menolak yang menyebabkan magnet berputar terus menerus.

Terakhir membuat pembangkit listrik sederhana dari dinamo mobil mobilan yaitu menyambungkan dinamo dengan generator sehingga lilitan kawat tembaga akan menimbulkan gesekan dengan magnet yang selanjutnya menghasilkan aliran listrik. Meskipun daya yang dihasilkan masih rendah, namun dalam skala percobaan lab, mampu menghidupkan lampu kecil. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan listrik yang lebih besar, dibutuhkan pembangkit listrik tenaga magnet seperti ini dengan kapasitas dan kekuatan magnet yang juga lebih besar.

Itulah cara membuat pembangkit listrik sederhana dari dinamo mobil mobilan secara sederhana. Prinsip yang digunakan adalah gaya tolak menolak antar dua kutub magnet yang saling berlawanan. Gaya inilah yang menolak magnet pada turbin yang kemudian membuatnya berputar terus menerus. Selama gaya magnet masih bagus dan masih memberikan tolakan kuat, turbin akan terus berputar dan menghasilkan arus listrik.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Technology Blogs
submit a blog