Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dengan Dinamo DC Mudah Dan Sederhana

Cara membuat pembangkit listrik tenaga angin dengan dinamo tidaklah sulit. Praktek ini bisa menjadi pembelajaran kelompok di tingkat SLTP atau komunitas belajar lainnya. Selain sangat bermanfaat dalam edukasi dan menambah pengetahuan, membuat pembangkit listrik tenaga angin sederhana dengan dinamo ini tidak membutuhkan perlengkapan yang mahal. Bahkan bisa menggunakan barang-barang bekas di sekitar. Penasaran bagaimana cara membuat pembangkit listrik tenaga angin sederhana ini? Yuk simak penjelasan di bawah ini.
Diantara banyak sekali sumber energi listrik, pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Maka tidak heran jika pembangkit listrik tenaga angin banyak digunakan oleh negara-negara maju. Selain tanpa mengeluarkan emisi karbon seperti pada pembangkit listrik batubara, keuntungan pembangkit listrik tenaga angin juga banyak. Sekali instalasi bisa digunakan untuk jangka waktu panjang asalkan menggunakan bahan dan perlengkapan yang baik. 

Anda juga bisa mencoba cara membuat pembangkit listrik tenaga angin dengan dinamo . Pembangkit listrik tenaga angin dengan dinamo ini merupakan jenis pembangkit yang sangat sederhana. Pertama bahan-bahan dan perlengkapan yang harus Anda siapkan diantaranya dinamo. Anda bisa memanfaatkan dinamo DC bekas dari mainan, sepeda dan lain-lain untuk bahan praktek. Selain itu persiapkan juga baling-baling yang bisa dibuat sendiri, lampu LED dan kabel secukupnya. Alat-alat seperti solder dan timah solder, gunting dan selotip juga perlu disiapkan.

Langkah-langkah membuat pembangkit listrik tenaga angin dari dinamo, pertama adalah pasanglah baling-baling yang sudah Anda siapkan ke dinamo DC. Sambungkan menggunakan kabel dengan cara disolder agar sambungan negatif dan positifnya kuat dan rapi. Jika sudah, sambungkan juga kabel positif dan negatif pada lampu LED. Lampu LED bisa dipilih karena lampu ini bisa menyala dengan baik walaupun menggunakan arus DC. Anda bisa membeli lampu LED dengan harga murah di toko elektronik terdekat.

Jika perangkat pembangkit listrik tenaga angin menggunakan dinamo DC sebagai generatornya telah siap, Anda bisa menempatkan pada papan atau kotak kayu agar tidak gampang goncang. Pasang sedemikian rupa sehingga baling-baling bisa menangkap angin dengan baik. Anda bisa memanfaatkan bambu, kayu atau barang bekas lainnya untuk menginstalasi pembangkit tenaga angin sederhana buatan Anda. Kemudian pasang di tempat cukup terbuka agar memperoleh angin yang bisa menggerakkan baling-baling.

Pada malam hari biasanya lampu LED pada pembangkit listrik tenaga angin dengan dinamo DC akan menyala lebih terang. Hal ini karena hembusan angin biasanya cukup kencang dan stabil pada malam hari dibanding siang hari. Nah, cara membuat pembangkit listrik tenaga angin dengan dinamo DC mudah sekali bukan? Lumayan untuk menjadi bahan praktek pembelajaran fisika bersama anak-anak di sekitar rumah Anda atau di sekolah.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Technology Blogs
submit a blog